Wakaf Rumah Quran Sidoarjo

Wakaf Memperlancar Rezeki

Surat Al waqiah diturunkan di Mekkah dengan jumlah 96 ayat yang memiliki arti Hari Kiamat. Surat ini dikenal sebagai surat dengan keutamaan memperlancar rezeki bagi para pembacanya. Bukti bahwa surat Al Waqiah disebut sebagai doa permudah rezeki bagi muslim yang sesuai dengan yang dinukil dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan dibagikan kepada anak-anakmu,” (HR AdDailamiy

Waktu Terbaik Membaca Surat Al Waqi’ah, Adakah Hadist Shahih yang menulisnya?

Wakaf pembangunan

Waktu terbaik membaca Surat Al-Waqi’ah apakah ada hadist sahih yang menjelaskannya? memang ada riwayat tentang keutamaan membaca surat al-Waqi’ah setiap malam dalam beberapa hadits, tetapi semua hadits tersebut tidak dapat dijadikan hujjah karena sebagiannya lemah, bahkan ada yang palsu.

 

Diantaranya:

 

 

 

ﻗﺎﻝ: ﺇﻧﻲ ﻗﺪ ﻋﻠﻤﺘﻬﻢ ﺷﻴﺌﺎ ﺇﺫا ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮﻭا، ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

 

Artinya: Ibnu Mas’ud berkata, “Saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda: ‘Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam maka ia tidak akan miskin,’” (HR Al Baihaqi) ).

 

Namun, sejumlah ulama menilai hadits di atas tingkatnya lemah. Dinilai lemah karena dalam silsilah perainya ada seorang yang lemah identitasnya.

 

Dengan Allah memberikan rezeki untuk kita, kita akan mengembalikan kembali kepada orang-orang yang membutuhkan dengan cara infaq, sodaqoh atau menyerahkan sebagian harta kita untuk manfaatkan selamanya dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingan ibadah atau kesejahteraan umum.

 

Meski demikian, membaca surat Al Waqiah secara rutin ternyata sudah menjadi kebiasaan para ulama terdahulu. Hal ini oleh Imam Ghazali dalam Kitab Fath Qadir yang menyebutkan,

 

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮ

 

Artinya: “Wali-wali kita membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit,”

 

Di samping itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah besabda bahwa surat Al-Waqiah sebagai salah satu kelompok surat yang membuat beruban. Bunyi haditsnya sebagai berikut,

 

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: “يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ

 

Artinya: Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Telah membuatku ruban (surat) Huud, Al-Waaqiah, Al-Mursalaat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy Syamsu kuwwirat.” (HR Tirmidzi).

 

Hadits ini disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi. Maksud kata beruban dari hadits tersebut, Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhar dalam buku Kedahsyatan Membaca Al-Quran, surat Al-Waqiah menjadi salah satu surat yang paling sering dibacakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Dengan demikian, meski ada hadits yang dilemahkan oleh ulama mengenai keutamaan surat Al-Waqiah, namun tidak ada salahnya bagi umat muslim untuk merutinkan bacaan surat Al-Waqiah. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Yuk tunggu apalagi, ayo amalkan surat Al-Waqiah setiap hari agar Allah memudahkan jalan rezeki untuk kita semua.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang dapat Kami bantu ? (Klik saja)