Yayasan Panti Asuhan Di Sidoarjo

Panti Asuhan Sidoarjo

Panti Asuhan Di Sidoarjo

 

Panti Asuhan Di Sidoarjo – adalah fasilitas hunian atau tempat tinggal untuk menampung anak-anak sampai remaja terlantar ataupun dengan alasan orang tua tidak mampu secara ekonomi.

Kabupaten Sidoarjo mempunyai 20 panti asuhan, termasuk Panti Asuhan Nurul Fath. Fasilitas panti asuhan Nurul Fath dilengkapi dengan fasilitas penerima, ruang serbaguna(Aula), Pengajaran, Tempat Menghafal AL Quran, dan hunian untuk pengasuh serta anak yatim piatu Sidoarjo.

Pendekatan perilaku digunakan untuk menjawab kebutuhan anak yatim piatu, serta pembagian tempat tinggal bagi anak panti juga diatur sedemikian rupa oleh Yayasan Panti Asuhan Nurul Fath untuk mendapatkan suasana kekeluargaan dalam panti asuhan.

Yayasan Panti Asuhan Di Sidoarjo

Disorganisasi keluarga semakin sering terjadi pada kehidupan keluarga di masa sekarang. Misalnya, perceraian, krisis ekonomi dan meninggalnya salah satu atau kedua orang tua. Hal ini menyebabkan terputusnya hubungan antara orang tua dan anak yang kemudian menyebabkan anak mengalami krisis emosional, etika, sosial, dan mental.

Ditambah masyarakat tidak mau menerima atau memilih mengasingkan mereka, hal ini menyebabkan mereka merasa tidak aman, tidak percaya diri, dan kesepian. Kesepian merupakan reaksi kognitif & emosional terhadap ancaman kebutuhan mereka yang tidak dapat terpenuhi.

Sekarang, jumlah anak yatim di Indonesia mencapai 3,2 juta jiwa dengan jumlah terbanyak di daerah Nusa Tenggara Timur & Papua. Jawa Timur khususnya Sidoarjo terdapat 156.620 anak yatim yang tentunya jumlah tersebut akan bertambah dari waktu ke waktu. Anak-anak yatim dengan berbagai masalah sosial diatas perlu mendapat binaan atau pelayanan dari yayasan sosial Sidoarjo yang berfokus pada perlindungan anak seperti panti Asuhan Nurul Fath.

Tinggal di panti asuhan merupakan bukan hal yang mudah bagi anak, karena anak-anak tidak memperoleh hangatnya kasih sayang orang tua kandung mereka. Supaya bisa membantu memenuhi kebutuhan fisik dan psikis anak-anak yatim ini, diperlukan sebuah fasilitas hunian yang dapat mewadahi proses interaksi yang baik dan tepat, serta secara khusus memiliki basis Tahfidz AL Quran.

Karena lembaga ini terus berkembang atas izin Allah, pada tahun 2019 Yayasan Sosial dan Pendidikan (YSDP) Nurul Fath melalui bidang Pendidikan bermitra dengan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional (YKTN) dengan nama Mitra Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional (MKTN)  Nurul Fath Sidoarjo dengan Nomor Lisensi : 082/SL-YKTN/VII/2019.

karantina tahfidz quran, hafalan sebulan, rumah hafalan sidoarjo, karantina tahfidz sidoarjo, hafalan sebulan sidoarjo,Yayasan Panti Asuhan Di SidoarjoYayasan Panti Asuhan Di Sidoarjo Yayasan Panti Asuhan Di Sidoarjo

Kemudian fasilitas ini akan menjadi tempat tinggal baru yang aman, nyaman, serta menyenangkan bagi anak-anak. Fasilitas Panti Asuhan Nurul Fath akan mengedepankan ciri khasnya tersendiri dengan fasilitas edukatif, rekreatif dengan basis Pendidikan Tahfidz Quran.

Legalitas Yayasan

Yayasan Sosial dan Pendidikan (YSDP) Nurul Fath adalah sebuah lembaga sosial yang berpusat di Sidoarjo. Tepatnya di Perumahan Oma Pesona Buduran Blok I1 No.1, Ngepung, Sidokepung, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252, No Telp/WA : 0852-3255-5623.

Awal berdiri Yayasan Sosial dan Pendidikan (YSDP) Nurul Fath pada tanggal 15 Januari 2012.  Disahkan oleh Endah Retno Damayanti, S.H., M.Kn. Nomor : 07/05-III/2012, Kemudian mendapat SK dari Menkumham RI dengan nomor AHU-6756.AH.01.04 Tahun 2012. Yang kemudian bergerak dibidang Panti Asuhan dengan STP Nomor : 466.3/639/404.3.11/2015 berkembang dengan STPU Nomor : 460/2512/438.5.6/2022.

Pada tahun 2021 berkembang dan berganti kepengurusan disahkan oleh Seneng Sri Umiyati, S.H., M.Kn. Nomor : 10/28-XII/2021 dengan SK Menkumham RI dengan nomor AHU-0000216.AH.01.12 Tahun 2022.

Visi      : Melayani Umat dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Misi     : Memberikan Kemanfaatan untuk Ummat di Bidang Sosial, Kemanusiaan, Pendidikan, Dakwah  dan Layanan Kesehatan.

 

Hikmah Memberi Sedekah Kepada Anak Yatim Di Panti Asuhan

Bersihkan Hartamu Dengan Zakat (klik Gambar)
  • Mendapatkan pahala yang terus mengalir

Manfaat ketika memberikan sedekah untuk anak yatim di panti asuhan Sidoarjo yaitu pahala yang akan terus mengalir. Rasulullah SAW bersabda bahwa ada 3 amalan yang pahalnya tidak akan terputus meski orang tersebut sudah meninggal dunia diantaranya sedekah jariyah, doa anak shaleh, dan ilmu yang bermanfaat.

  • Mendapatkan harta yang berkah

Sedekah yang diberikan kepada anak yatim di panti asuhan Yakarim tidak akan membuat harta berkurang. Malahan sebaliknya, sedekah itu akan membuka pintu rejeki lain yang dapat membuat harta Anda semakin bertambah. Kemudian Allah dalam Alquran Surat Saba ayat:39 menjelaskan bahwa Allah adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki.

  • Menjauhkan diri dari api neraka

Aktivitas sedekah terhadap anak yatim di panti asuhan Yakarim menjadi cara seorang muslim supaya terhindar dari api neraka. Nabi SAW bersabda, sedekah dengan nilai berapapun dapat menjauhkan seseorang dari panasnya api neraka. Semakin banyak sedekah yang dilakukannya, semakin jauh juga jarak dengan pintu neraka.

Di waktu yang sama, Allah juga menjanjikan pintu surga terkhusus untuk seorang muslim yang di dunianya gemar bersedekah. Dan juga dalam sebuah hadist disebutkan bahwa mereka yang gemar bersedekah akan dipanggil untuk masuk surga melalui pintu sedekah. Maka dari itu, bersedekahlah sebanyak-banyaknya untuk yatim piatu di Panti Asuhan Yakarim.

  • Dapat menyejukkan hati

Bersedekah terhadap anak yatim juga menjadi cara untuk membuat hidup lebih bahagia. Nabi SAW mengibaratkan orang yang gemar bersedekah sebagai orang yang tengah mengenakan baju besi dengan ukuran besar dan nyaman ketika dipakai. Kondisi ini berbeda dengan orang pelit, yang pakaian besinya terasa sesak dan sampai lingkar baju besinya begitu merekat di permukaan kulit.

  • Dapat menutup aib

Manfaat yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah Allah akan menutup aib seseorang. Imam Syafi’i pernah berkata bahwa sedekah adalah cara untuk menutup aib. Alasannya, tidak akan ada celaan bagi orang-orang yang suka bersedekah di dalam hidupnya.

  • Terhindar dari bencana

Kemudian bersedekah ke panti asuhan Yakarim juga menjadi sarana untuk menghindarkan diri dari bencana di dunia. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW bahwa tidak ada musibah serta bencana yang dapat mendahului sedekah. Di waktu yang sama, Nabi SAW juga mengungkapkan kalau sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan.

  • Dapat memperpanjang umur

Kemudian mereka yang suka bersedekah akan mendapatkan berkah umur panjang dari Allah SWT. Di waktu yang sama, sedekah juga dapat menghindarkan seseorang dari kematian yang buruk dan menjauhkan diri dari sifat kesombongan.

Dengan hikmah dan manfaat luar biasa ini, tentu sangat sayang jika diabaikan begitu saja. Terlebih, kesempatan bersedekah kepada anak yatim di panti asuhan Yakarim bisa dilakukan kapan saja. Kemudian Anda bisa mendapatkan hikmah dan manfaat tersebut cukup dengan bersedekah mudah dengan mengirimkan donasi ke rekening di bawah ini.

Untuk informasi detail seputar kegiatan Yayasan Nurul Fath Anda bisa menghubungi:

 

Informasi Dan Konfirmasi : 0852-3255-5623

Website: www.nurulfath.org

Facebook: ysdpnfath

Instagram: ysdpnfath

Youtube: Nfathmedia

Alamat: Perumahan Oma Pesona Buduran blok. H2 No. 7, Ngepung, Sidokepung, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252

No Rek : 7080 1415 42 atas nama YDSP NURUL FATH (Tambahkan Kode 451)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang dapat Kami bantu ? (Klik saja)