kelahiran nabi muhammad saw - tanda lahirnya nabi muhammad saw

KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Ringkasan – Ketika Abdullah, ayah Nabi (SAW) tumbuh, Abdul-Muttalib memutuskan bahwa ia harus menikah. Kemudian ia menikah dengan Amina Binti Wahb. Ini juga dari Bani Abdi Manaf dan, oleh karena itu, Quraish, yang berasal dari keturunan Ismail. Kemudian Nabi (SAW) adalah garis keturunan yang paling dihormati dan terhormat. Ibu Amina berasal dari Yathib dan Amina tinggal di Yathib. Abdul-Mutallib kemudian mengambil putranya dan menikahinya dengan Amina di Yathib. Setelah itu mereka kembali ke Mekah. Amina hamil dan setelah beberapa bulan kehamilan, Abdullah meninggal, ayah dari Nabi (Saw). Dia menjadi yatim piatu sebelum dilahirkan. Ketika waktu mendekati kelahiran Nabi (SAW), ibunya mimpi melahirkan seorang anak dan dengan anak ini penampilan cahaya yang luar biasa menyebar dan menyelimuti bumi sampai ia mencapai Busra di al-Syam. Dia juga melihat dirinya dalam mimpi mengatakan ‘u’iihu bilihil-wahid min shari kuli kuli jasid’ yang berarti ‘saya mencarinya, perlindungan pada Allah SWT yang merupakan salah satu kejahatan iri’.

Pada hari Senin, 12 Rabi’ul awal (berdasarkan pendapat terkuat) selama tahun yang dikenal sebagai “Tahun Gajah”, 50 hari setelah gajah, Nabi (SAW) lahir. Dan dengan kelahiran mereka, beberapa peristiwa menarik dan luar biasa terjadi. Kita mengingat mereka, karena kebesaran Nabi (saw) tidak ada dalam kejadian ini, tetapi hanya tanda -tanda dan kabar baik tentang kedatangannya. Kebesaran-Nya tidak terletak pada kelahirannya, melainkan dalam pesan dan ajaran yang dibawanya kepada umat manusia. Hassan ibn Tsabit, (penyair nabi) yang berada di Madinah ketika dia berusia tujuh tahun, mengatakan tentang kelahiran Nabi (SAW) bahwa, ‘Suatu hari ketika dia berusia tujuh tahun, dia bersama atau di tempat di Orang -orang Yahudi di pinggiran kota mereka, dan ada seorang rabi dari orang -orang Yahudi yang duduk tinggi di sebuah rumah dan berseru “wahai orang Yahudi, hari ini bintang Ahmad telah muncul atau muncul, dan itu tidak muncul kecuali dengan kedatangannya.”

Di antara tanda -tanda itu juga bahwa ibunya ketika dia menggendongnya selama kehamilannya, yaitu kehamilan tanpa kesulitan atau ketidaknyamanan. Allah SWT berfirman, “Dan, Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman [31]: 14). ‘Demi Allah, sesungguhnya untuk anakku ini ada sesuatu yang penting. urusan’. Dia membawa Muhammad (saw) bahkan sebelum dia disebutkan namanya, ke dalam Ka’bah dan membesarkannya dan bersyukur kepada Allah atas kelahirannya.

Namanya Muhammad, ada kisah di baliknya. Abdul-Mutallib menuju ke Al-Sham dengan tiga sahabatnya. Dalam perjalanan mereka bertemu sekumpulan rabbi Yahudi. Orang -orang Yahudi bertanya: “Dari mana kamu datang?” Mereka menjawab ‘kami dari Mekah’. Kemudian, salah seorang rabbi memberitahu mereka “dari negerimu, seorang nabi akan muncul.” Mereka bertanya: “Apakah nama nabi ini?” Dia menjawab “Namanya Muhammad.” Sampai saat itu, orang Arab tidak menggunakan nama Muhammad. Keempat sahabat ini, ketika mereka kembali, masing -masing memutuskan untuk membuat anak -anak baru mereka bernama Muhammad. Abdul-Mutallib tidak bisa lagi mempunyai anak, jadi dia menamai anak pertama yang akan lahir dari anak-anaknya Muhammad. Dan kebetulan itu adalah nabi (saw) dan menamainya Muhammad.

“Baca juga” : Perhitungan Kalender Hijriyah

Tanda Lahirnya Muhammad SAW

Tanda Lahirnya Muhammad SAW

  • Hancurnya Pasukan Gajah

Nabi dilahirkan pada tahun gajah. Gajah itu disebut kerana pada masa itu Abrahah membawa pasukan untuk menyerang Ka’bah.

Abrahah adalah penguasa di Yaman. Ia membangun sebuah gereja yang hebat di bandar Shan’a dengan tujuan orang-orang berkunjung ke sana dan mendatangkan pemasukan besar bagi Yaman. Dia ingin mengubah kedudukan Ka’bah bahawa ramai didatangi orang dari seluruh penjuru Arab.

Walau bagaimanapun, bangunan yang indah dan megah tak kunjung ramai. Abrarah kemudian menyediakan banyak pasukan. Beberapa gajah naik. Orang -orang Makkah yang mendengar berita itu merasakan ancaman yang besar. Pasukan pasukan bukan tandingan mereka.

Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin Makkah tidak dapat berbuat banyak. Dia memberi perlindungan kepada Ka’bah kepada Allah.

Tetapi belum sampai di Mekah, burung -burung datang dengan batu -batu panas dan menjatuhkannya ke pasukan Abrahah. Mereka juga jatuh bergelimpangan.

  • Keluar cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad

Keluar cahaya saat kelahiran Nabi Muhammad

Cahaya itu keluar dan menerangi mengarah ke istana-istana di Syam, keluarnya cahaya saat kelahiran nabi Muhammad SAW ini diriwayatkan Ibnu Sa’ad dan Imam Ahmad.

Ibnu Sa’ad meriwayatkan bahwa Aminah ibunda Rasulullah berkata,
“Setelah bayiku lahir, aku melihat ada cahaya yang keluar dari jalan lahirnya, menyinari istana-istana di Syam.”

Peristiwa ini memberikan petunjuk kelak agama Islam yang dibawa Rasulullah ﷺ akan sampai ke Syam pada saat itu masih di bawah kekuasaan Romawi.

  • Runtuhnya Puncak 14 Balkon Istana Kisra

Anushirwan adalah seorang raja yang berhasil membawa kerajaan Sasaniyah ke puncak kemuliaannya.

Runtuhnya Puncak 14 Balkon Istana Kisra Pada kelahiran Nabi Muhammad, ia diriwayatkan oleh Al Baihaqi. Untuk memberikan tanda bahwa Persia kemudian akan jatuh.

Dan memang benar, Persia akhirnya jatuh. Perang terakhir yang kemudian diikuti oleh kejatuhan Persia adalah perang Qadisiyah.

  • Padamnya Api yang Disembah Kaum Majusi

banyak orang majusi masuk Islam. Salah satunya yang paling terkenal adalah Salman Al Farisi.

  • Runtuhnya Gereja di Buhairah

Runtuhnya gereja di Buhairah setelah ambles ke tanah ini juga diriwayatkan Al Baihaqi sebagaimana dua peristiwa sebelumnya.

—————————————-
📳 Kunjungi Website : https://nurulfath.org/
—————————————-
🏧 𝗥𝗲𝗸𝗲𝗻𝗶𝗻𝗴 𝗗𝗼𝗻𝗮𝘀𝗶 :
Bank Syariah Indonesia
7080 1415 42 (kode 451)
a.n 𝗬𝗦𝗗𝗣 𝗡𝘂𝗿𝘂𝗹 𝗙𝗮𝘁𝗵

𝗞𝗼𝗻𝗳𝗶𝗿𝗺𝗮𝘀𝗶 𝗱𝗮𝗻 𝗜𝗻𝗳𝗼𝗿𝗺𝗮𝘀𝗶
0852 3255 5623
𝙀𝙙𝙮 𝙎𝙖𝙨𝙢𝙞𝙩𝙤
—————————————-

♻️ Mohon bantu share, Insya Allah menjadi amal ibadah

Link Media Sosial Yayasan Sosial dan Pendidikan Nurul Fath Sidoarjo

IG Nurul Fath
FB Nurul Fath

YouTube NFath

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang dapat Kami bantu ? (Klik saja)