kalender islam juli 2022 - ttanggal hijriah hari inianggal hijriyah online - tanggal hijriyah sekarang -

Kalender Islam Juli 2022 – Kalender Hijriyah Dimulai Dari Bulan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ada dua jenis sistem perhitungan kalender yang diterapkan oleh manusia umum. Pertama, sistem Syamsiyah yang merupakan perhitungan didasarkan pada rotasi bumi di sekitar matahari. Kedua, sistem Qamariyah yang merupakan perhitungan berdasarkan putaran bulan di sekitar bumi.

Kedua sistem perhitungan telah ada sejak jauh sebelum Nabi Muhammad SAW. Orang -orang Arab dan Yahudi juga menggunakan sistem perhitungan kalender Qamariyah, yang berdasarkan putaran bulan di sekitar bumi.

Kemudian apa yang dihitung selama satu bulan? memang waktu yang lama yang dibutuhkan bulan untuk mengelilingi planet bumi dalam perputaran. Ternyata periode waktu tidak sama untuk setiap bulannya, terkadang 29 hari dan 30 hari.

Jumlah 12 bulan adalah satu tahun. Nama bulan untuk orang Arab dikenal sebagai Muharram, Safar, Rabiul Awwal, Rabiutstani, Jumadil Awwal, Jumaditstsani, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawwal, Dzul Qa’dah dan Dzulhijah.

Sistem perhitungan ini ada jauh dikenal sebelum periode Nabi Muhammad. Maka memang benar bahwa Anda mengatakan bahwa orang Arab Jahiliyah telah melakukan ritual haji di bulan Dzulhijjah. Itu juga benar ketika orang Yahudi berpuasa di bulan Muharram pada tanggal 10 jadi itu disebut ‘Asyura.

“Baca Juga” : Jum’at berkah berbagi

 

kalender islam juli 2022 - ttanggal hijriah hari inianggal hijriyah online - tanggal hijriyah sekarang -

Awal Tahun Hijriyah

Meskipun sistem perhitungan kalender sudah ada, Orang Arab sebelum periode kenabian terbiasa menelepon hingga saat ini, akan tetapi tidak pernah menyebutkan jumlah tahun. Kemudian mereka mengatakan bahwa hari ini adalah bulan pertama pada bulan Muharram, tetapi mereka belum tahu tahun berapa sekarang.

Dikatakan bahwa ketika Khalifah Umar bin al-Khattab Radhiylahu ‘Anhu telah menerima surat, yang berisi doa pembukaan surat itu mengejutkannya. Orang itu menulis: “Saya telah menerima surat Anda tanpa setahun.”

Dia mengatakan mengundang teman utama, dan secara ringkasan mereka sepakat untuk menentukan dorongan tahun di mana utusan Allah hijrah sebagai awal perhitungan Negara Islam.

Apa yang digunakan sebagai tekad pada waktu itu bukanlah penentuan awal tanggal dan bulan, tetapi hanya angka tahun. Sementara sistem metode perhitungan masih mengacu pada sistem Qamariyah yang telah lama digunakan di negara Arab.

Maka perlu menekankan bahwa apa yang digunakan sebagai dorongan bukanlah tanggal di mana Nabi berhijrah, juga bukan bulan di mana hijrah dilakukan, tetapi tahun di mana ia berhijrah.

Tahun itu digunakan sebagai perhitungan awal tahun dalam sejarah Negara Islam. Pertimbangan, karena sejak tahun itu Islam secara resmi menjadi negara, tidak hanya gerakan misionaris, moral atau sosial Tetapi secara hukum dari tahun itu.

Hijrah Nabi SAW di 1 Muharram

Bahwa insiden hijrah Nabi SAW dari Mekah ke Madinah tidak terjadi pada 1 Muharram?

Sheikh al-Mubarakfury, dalam bukunya, Ar-Rahiq al-Makhtum, menulis bahwa utusan Allah melihat rumahnya di Mekah, di rumah Abu Bakar di malam hari, yaitu, 27 Shafar. Dari rumah Abu Bakar, dia dan Abu Bakar meninggalkan Mekah ke arah yang berlawanan dengan Madinah, ke gua Tsaur untuk bersembunyi. 3 malam telah tinggal, yaitu, Jumat malam, Sabtu dan Minggu.

Setelah itu, ia dengan Abu Bakar dan Abdullah bin Uraiqith, orang yang tidak setia, memulai perjalanan ke Madinah melalui jalan yang tidak biasa.

Pada hari Senin, 8 dari Rabiul Awwal (23 September, 622M) tiba di Quba, beberapa kilometer sebelum memasuki kota Madinah pada waktu itu. Di quba ini ia telah tinggal selama 4 hari, yaitu pada hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Pada hari Jumat ia pindah ke Madinah, tepatnya 11 Rabiul Awwal.

Karena itu, tidak benar -benar tepat jika 1 Muharram memperingati insiden Hijrah Nabi SAW. Karena Hjirah tidak terjadi di bulan Muharram. Jika Anda ingin memperingati hijrah Nabi SAW, waktunya antara 27 Shafar sampai 11 Rabiul Awwal.

Jika bukan hijrah Nabi SAW, apa yang kita peringati dalam 1 Muharram?

Jawabannya adalah bahwa kami memperingati peringatan kelahiran Negara Islam al-Madinah al-Munawwarah. Karena penentuan kalender Hijriyah berangkat dari kepentingan sistem administrasi negara. Umar dan teman -teman pada waktu itu setuju untuk memulai tahun pertama sejak pendirian negara bagian Madinah, yang disiarkan secara politis pada tahun ketika Nabi Hijrah dan tiba di Madinah.

Karena tahun di mana Nabi SAW tiba di Madinah adalah tahun yang menjadi tonggak besar dalam sejarah Islam, karena itu adalah tahun pertama dari pondasi Negara Islam pertama.

Seperti yang diperingati orang Indonesia pada 17 Agustus sebagai hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga umat Islam di seluruh dunia memperingati setiap 1 Muharram sebagai awal dari pendirian. dari negara bagian Madinah.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

follow facebook : Ust. Ahmad Sarwat, Lc., MA

♻️ Mohon bantu share, Insya Allah menjadi amal ibadah

Link Media Sosial Yayasan Sosial dan Pendidikan Nurul Fath Sidoarjo

IG Nurul Fath
FB Nurul Fath

YouTube NFath

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang dapat Kami bantu ? (Klik saja)