Apa Itu Fastabiqul Khairat?

FAST; Fastabiqul Khairat; Berlom; Race; Berlomba Dalam Kebaikan

 

Apa Itu Fastabiqul Khairat?

Kita mungkin sering mendengar kalimat fastabiqul khairat, tapi apakah kita mengerti apa maksud dari kalimat itu?

Kalimat fastabiqul khairat ada di dalam penggalan surat Al Baqarah (2) : 148 yang memiliki arti berlomba-lomba dalam kebaikan, perlombaan yang di maksud dalam kalimat ini adalah berlomba-lomba dalam kebaikan beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ketika kita berlomba-lomba dalam kebaikan, ketaatan, amal shalih, ibadah dan kebaikan-kebaikan lainnya dengan saudara-saudara kita, itu adalah sesuatu yang terpuji. Bahkan ini termasuk akhlak yang terpuji. Hal ini menunjukkan level iman seseorang. Begitulah para sahabat terdahulu. Mereka saling berlomba dan seolah tidak mau kalah dengan saudaranya didalam kebaikan-kebaikan. Ini adalah hal yang positif dan membawa kepada keutamaan-keutamaan.

Kesempatan yang telah Allah subhanahu wa ta’ala berikan kepada kita seharusnya bisa kita pergunakan dengan sebaik-baiknya. Ketika kita diberi kesehatan maka kita pakai untuk shalat tepat waktu secara berjamaah di masjid. Bila diberi keluasan harta maka digunakan sebagiannya untuk bersedekah, berinfaq, berwakaf dan terlebih lagi untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah. Jika Allah menganugerahkan kepada kita ilmu maka kita sebarluaskan ilmu itu agar banyak orang yang mendapat manfaatnya. 

Wallahu a’alam.

        “Baca juga : Mengenal Sejarah Hari Pahlawan

 

Link download Twibbon Hari Pahlawan 10 November Nurul Fath 2022

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada yang dapat Kami bantu ? (Klik saja)